Pengaruh Psikologi Kelompok

Situasi psikologis kelompok yang kooperatif, kohesif, dinamis, dan kondusif akan berpengaruh terhadap performansi kelompok, khususnya pada konteks budaya kolektivis, kata Moordiningsih di Fakultas Psikologi UGM, Kamis (29/10). Pernyataan tersebut disampaikannya saat menempuh ujian terbuka Program Doktor Fakultas Psikologi UGM. Promovenda, perempuan kelahiran Sukoharjo, 15 Desember 1974, ini mempertahankan disertasi Pengaruh Situasi Psikologis Kelompok terhadap Performa Pengambilan Keputusan, dengan promotor Sugiyanto, Ph.D. dan ko-promotor Prof. Dr. Faturochman serta Prof. Th. Dicky Hastjarjo, Ph.D.

Dikatakannya bahwa situasi psikologi kelompok yang tidak kondusif dapat menjadi sumber permasalahan riil dan berpengaruh pada performansi kelompok. Sebagai contoh, realitas fenomena pada level makro berupa konflik yang sering terjadi di tingkat parlemen, yaitu DPR pada 2005 lalu saat membahas lanjutan tentang kenaikkan harga minyak (BBM).

Demikian pula di bidang pendidikan, fenomena yang cukup memprihatinkan adalah terjadinya demonstrasi mahasiswa yang berujung pada tindakan agresif, berupa perusakan fasilitas belajar, tawur antarmahasiswa, dan penyerangan secara fisik. Ini menunjukkan situasi psikologis atau atmosfer akademik yang kurang kondusif dalam menunjang performansi belajar mahasiswa di perguruan tinggi, tambah ibu dua anak yang dalam ujian tersebut dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

sumber:

http://www.ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=2370

About kasmanjaati78

belajar psikologi
This entry was posted in psikologi kelompok. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s